dari wordpress mampir ke blogspot


Berangkat dari keinginan untuk memiliki auto blog, ayu adine ni saya tinggalkan dari bulan mei untuk berkelana di belantara maya guna mempelajari wordpress. Pengennya cuma sebentar, tapi berhubung semuanya ala otodidak plus agak bolot, jadinya kepanjangan alias kelamaan.

Setelah browsing sana browsing sini, surfing sana surfing sini, pusing sana pusing sini.. akhirnya bisa juga ngeblog pake wordpress. Awalnya pake hosting gratisan, abis itu pake hosting murahan.

Setelah bisa, malah jatuh cinta sama wordpress. Keasikan buat auto blog ditambah fasilitas wordpress yang sangat memanjakan, akhirnya blog powered by blogspot ini hampir terlupakan. Malah hampir terniat mau dihapus, abis itu berubah pikiran mau dijadiin iklan baris. Tapi pas tempo hari mampir, kok PR-jya jadi 3. walaupu udah delapan bulan g di-update. G jadi deh. He he.. Tapi masih mikir2 untuk merubah judul blog ini. Apa ya kira2 yang cocok..? Tar aja lah.

Berbagi cerita sedikit tentang pengembaraan di belantara maya kepada sahabat sesama pemula dalam hal bisnis online.. ternyata banyak hal yang keliru dari mindset saya tentang bisnis online sebelum ini. 

Bisnis online bukanlah adsense dan sejenisnya, toko online dan turunannya, reseller dengan segala janjinya, afiliasi dengan wajah lainnya, apalagi PTC dan sejenisnya, bukan paid to get member dll..

Bisnis online tak beda jauh dengan bisnis dunia nyata.. Tentang bagaimana kita punya sense of business, bagaimana kita bisa melihat peluang pasar yang diterjemahkan dalam sebuah blog /situs ditambah kemampuan untuk membawa  blog/situs ke 10 besar google pages.

Yang jelas, pertama kita harus terus belajar meningkatkan kemampuan "ngeblog" (ini wajib, terserah mau  blogspot atawa wordpress walaupun wordpress banyak menawarkan keunggulan dibanding blogspot), tentunya dengan banyak browsing. Ke dua, asah terus  kemampuan seo kita. Sampai pada suatu titik kita bisa menemukan trick untuk berimprovisasi bagai mana caranya agar blog/situs kita dengan cepat bisa sampai di 10 besar. Pada tahap itu semua akan menjadi lebih mudah. Lupakan pagerank dan alexa karena ke dua hal tersebut adalah buah, bukan ladang kita. Ladang kita adalah blog dan cangkul kita adalah seo. Semakin luas atau semakin berkualitas ladang kita dengan segala macam model dan bentuknya dan semakin piandai kita mencankul (kalau perlu pake traktor) maka kemungkinan berhasil akan semakin besar.

So, jangan berhenti belajar dan jangan lupakan satu aturan : jangan gampang mengeluarkan uang dalam bisnis online karena janji manis yang ternyata hanyalah pepesan kosong.